Sailan, Zalili and Mulya, Abdul Kadir and Harjaty, Erni and Nurlaela, Nurlaela and Hamuni, Hamuni (1999) Sistem Morfologi Nomina Bahasa Mawasangka. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Jakarta. ISBN 9794599611

[img]
Preview
Text
SISTEM MORFOLOGI NOMINA BAHASA MAWANGSAKA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (55MB) | Preview

Abstract

Bahasa Mawasangka termasuk salah satu bahasa daerah yang menjadi alat komunikasi bagi masyarakat penuturnya yang mendiami bagian selatan Pulau Muna, Sulawesi Tenggara. Secara administratif, daerah pemakaian bahasa Mawasangka termasuk daerah Kabupaten Buton dengan luas wilayah pemakaian sekitar 887 km2 dan jumlah penutur sebanyak 50.579 orang. Pemaaian bahasa ini tersebar pada tiga wilayah kecamatan (dahulu dua kecamatan), yakni Kecamatan Gu, Kecamatan Mawasangka, dan Kecamatan Lakudo. Sebagai sebuah bahasa daerah, secara lisan bahasa Mawasangka tetap menjadi alat komunikasi serta masih dipelihara dengan baik oleh masyarakat.

Berdasarkan hasil analisis, ternyata ciri dan sistem nomina bahasa Mawasangka dapat ditelusuri melalui bentuk morfologis, perangai sintaksis, dan perangai semantis.
Berdasarkan analisis morfologis, ditemukan bentuk nomina dasar dan nomina turunan. Penurunan nomina dapat berupa bentuk dasar dan bentuk turunan yang meliputi pengimbuhan (afiksasi), perulangan (reduplikasi) dan pemajemukan (komposisi).

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Daerah
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Penelitian Bahasa dan Sastra
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Divisions: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 06 Dec 2023 08:18
Last Modified: 06 Dec 2023 08:18
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30466

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot