I Wayan, Lingga (1988) Mengenal nilai-nilai luhur dalam lukisan wayang gaya kamasan. Direktorat Jenderal Kebudayaan, Denpasar.

[img]
Preview
Text (Buku ini merupakan kesenian wayang)
MENGENAL NILAI -NILAI LUHUR DALAM LUKISAN WAYANG GAYA KAMASAN.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (20MB) | Preview

Abstract

Museum Bali sebagai salah satu lembaga formal dan merupakan sumber informasi budaya pada kesempatan ini ikut ambil bagian melalui salah satu kegiatannya ialah berpameran. Kegiatan ini setidak-tidaknya dapat menghimbau masyarakat agar lebih memantapkan kesadaran bersama dalam menghayati nilai-nilai budaya yang luhur, membangkitkan rasa cinta kepada alam lingkungan sebagai sumber inspirasi dan kehidupan.
Adapun materi yang diangkat sebagai media komunikasi dalam pameran ini sesuai dengan rencana, ialah "Lukisan Wayang Gaya Kamasan" yang mengandung nilai-nilai budaya luhur yang pada prinsipnya merupakan pedoman hidup orang Bali termasuk aspek-aspek kehidupan sosial budaya masyarakatnya. Melalui pameran koleksi Museum Bali ini, diharapkan dapat mengunggah perhatian masyarakat tentang makna dan nilai-nilai budaya dalam setiap lukisan itu yang digambarkan oleh orang-orang tua sejak dulu kala. Hal ini dapat diketahui dari beberapa bukti peninggalan sejarah, baik mengenai istilah wayang maupun gambar-gambar yang ada pada beberapa prasasti seperti dikemukakan oleh para peneliti.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Wayang
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 29 Feb 2024 07:44
Last Modified: 29 Feb 2024 07:44
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30448

Actions (login required)

View Item View Item