Hamid, Abu and Gani, Ambo and Tahir, Mulyati and Mappasere, Mappasere (1986) Transliterasi dan terjemahan lontarak pabbura (suatu kajian tentang sistem medis orang bugis) di Sulawesi Selatan. Bagian Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Sulawesi Selatan La Galigo, Ujung Pandang.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan kebudayaan)
LONTARAK PABBURA SUATU KAJIAN TENTANG SISTEM MEDIS ORANG BUGIS DI SULSEL.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (89MB) | Preview

Abstract

Sistem pengetahuan orang Bugis mengenai pengobatan dan penyembuhan penyakit cukup memadai, hal ini dapat diketahui dalam naskah-naskah lontarak yang dibahas di buku ini. Praktek-praktek kedukunan berdasarkan apa yang terlukis dalam lontarak agaknya sudah mulai langka ditemukan. Namun pada dasarnya praktek-praktek tersebut sudah menjadi umum, sehingga masih dilakukan sebagai pertolongan bagi penanggulangan penyakit.
Sistem media orang Bugis berpangkal pada prinsip harmonisasi dalam sulapa eppa, yaitu: a. Komponen-komponen asal kejadian manusia; b. Komponen kualitas alam sekitar manusia, seperti hawa panas, dingin, kering, dan lembab; c. Substansi cairan dalam tubuh manusia yaitu cairan darah,lendir, empedu kuning dan empedu hitam. Ketiga satuan komponen ini merupakan dimensi segi empat yang senantiasa harus terjalin secara harmonis untuk disebut sehat. Cara pengobatan terhadap penyakit yang dialami pada hakekatnya mencari ramuan obat yang akan mengembalikan harmonisasi itu.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Naskah Kuno
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 29 Feb 2024 07:30
Last Modified: 29 Feb 2024 07:30
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30427

Actions (login required)

View Item View Item