Satyananda, I Made and Sumarja, I Made and Gria, A. A. Gde Rai (2014) Kearifan lokal masatua dan kaitannya dengan pendidikan karakter bangsa di Kabupaten Karangasem, Bali. Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali, Yogyakarta. ISBN 978-602-2582-43-4

[img]
Preview
Text (Buku ini merupakan pendidikan karakter)
KEARIFAN LOKAL MASATUA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (58MB) | Preview

Abstract

Masyarakat Bali memiliki keanekaragaman kearifan lokal yang mengandung norma-norma maupun nilai-nilai yang dijadikan pedoman dalam kehidupan berperilaku baik dalam pengelolaan lingkungan maupun sosial budaya. Seiring dengan kemajuan iptek, hampir sebagian besar masyarakat telah meninggalkan bentuk-bentuk kearifan lokal warisan yang mulai ditinggalkan adalah tradisi masatua. Kearifan lokal masatua dapat dijadikan sebagai upaya penanaman atau pendidikan karakter anak. Melalui media satua, berbagai norma, etika maupun budi pekerti disosialisasikan.
Buku ini hadir dalam upaya membantu penanaman dan pembentukan karakter bangsa, serta upaya pelestarian salah satu bentuk kearifan lokal di Nusantara. Kajian mengenai peran masatua dalam pendidikan karakter bangsa di Karangasem Bali. Lewat buku ini, penulis mengajak kita semua untuk mengenal kearifan lokal masatua sebagai salah satu upaya mengatasi perubahan sosial budaya dan pewarisan budaya adi luhung ke generasi penerus bangsa.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Bali
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 01 Mar 2024 03:12
Last Modified: 01 Mar 2024 03:12
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30396

Actions (login required)

View Item View Item