Ida Bagus, Mayun and I Gusti Ketut Gde, Arsana and I Wayan, Rupa and Made, Sumertha (1996) Wujud, arti dan fungsi puncak-puncak kebudayaan lama dan asli bagi masyarakat Bali: sumbangan kebudayaan daerahterhadap kebudayaan nasional. Bagian Proyek Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya Bali.

[img]
Preview
Text (Buku ini merupakan aspek kebudayaan)
WUJUD,ARTI DAN FUNGSI PUNCAK KEBUDAYAAN LAMA DAN ASLI MASYARAKAT RIAU.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (50MB) | Preview

Abstract

Amanat UUD 1945 khususnya pasal 32 yang menghendaki pengembangan wawasan kebangsaan melalui pengembangan kebudayaan Indonesia yang bhineka merupakan titik tolak utama penelitian ini. Dalam kaitan ini dipandang perlu adanya inventarisasi kebudayaan - kebudayaan daerah yang potensial untuk mendukung upaya pengembangan kebudayaan nasional Indonesia, baik dari segi wujud, fungsi maupun artinya bagi perkembangan kebudayaan nasional.

Sehubungan dengan ide di atas, maka kebudayaan daerah Bali menarik pula untuk diinventarisasi wujudnya, artinya dan fungsinya terhadap perkembangan kebudayaan nasional. Namun mengingat keterbatasan peneliti, maka penelitian ini hanya menyoroti dua unsur kebudayaan Bali yang dipandang menonjol dalam perkembangannya. yaitu mata pencaharian khususnya di bidang pertanian sawah, dan kesenian khususnya seni pertunjukan. Dengan demikian, permasalahan yang dikaji melalui penelitian ini adalah : (1) bagaimana wujud, arti, dan fungsi kebudayaan lama dan asli sebagai puncak - puncak kebudayaan Bali ? dan (2) bagaimana sumbangan kebudayaan tersebut terhadap kebudayaan nasional ?

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 01 Mar 2024 03:53
Last Modified: 01 Mar 2024 03:53
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30368

Actions (login required)

View Item View Item