Sutikno, Sutikno (1988) Upacara tradisional Jawa Tengah yang ada kaitannya dengan ceritera rakyat. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah Jawa Tengah, Semarang.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan upacara tradisional)
UPACARA TRADISIONAL JAWA TENGAH CERITERA RAKYAT.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (52MB) | Preview

Abstract

Upacara tradisional Jawa Tengah sebagaimana diuraikan di buku ini berkaitan erat dengan ceritera rakyat setempat, dan mempunyai nilai budaya yang mengagungkan seorang tokoh yang dianggapnya mempunyai karisma dan kebajikan pada masa hidupnya.
Hal ini terlihat bahwa upacara tradisional yang berkaitan dengan ceritera rakyat ini diselenggarakan masyarakat pendukungnya di sekitar makam, pertilasan dan bekas pertapaan. Tokoh yang diagungkan tersebut dianggapnya mempunyai daya gaib sebagai lantaran Tuhan untuk menyampaikan berkat bagi masyarakat sekitarnya dan para pendukung upacara tersebut.
Pada upacara tradisional di daerah Jawa Tengah ini, terdapat pola perilaku yang bersifat religi dan mampu menjadi kendali batin para pendukung budaya tersebut. Dengan demikian maka melalui nilai budaya yang berupa upacara tradisional ini, akan memberi keseimbangan batin dan perilaku warga masyarakat setempat dan pendukungnya di dalam menghadapi persoalan hidup yang kompleks.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 04 Mar 2024 02:53
Last Modified: 04 Mar 2024 02:53
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30352

Actions (login required)

View Item View Item