Sumadi, I Wayan Suca and Suteja, I Made Dharma and Yudha, I Putu Putra Kusuma (2015) Upacara pertanian dalam sistem subak di Bali. Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali, Yogyakarta. ISBN 978-602-356-041-7

[img]
Preview
Text (Buku ini berkiatan dengan hasil kebudayaan berupa upacara tradisional)
UPACARA PERTANIAN DALAM SISTEM SUBAK DI BALI.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (29MB) | Preview

Abstract

Eratnya pengaruh agama Hindu dalam Subak di Bali ditunjukkan dalam berbagai upacara yang dilakukan oleh anggota Subak baik sebelum maupun sesudah kegiatan subak dilakukan. Aktivitas keagamaan yang dilaksanakan merupakan cerminan dari rasa syukur kepada Dewi Sri sebagai manifestasi Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang mencerminkan kemakmuran kepada para petani.
Upacara pertanian di daerah Bali pada umumya dapat dipilah ke dalam beberapa prosesi baik itu yang dilakukan secara bersama-sama oleh krama subak, maupun yang dilakukan secara individu oleh krama subak itu sendiri. Upacara tersebut merupakan serangkaian upacara yang dilaksanakan mulai saat mengolah dan mengairi sawah, menanam padi, sampai saat menyimpan padi di lumbung yang pelaksaannya berbeda-beda antara daerah yang satu dengan daerah lainnya di Bali. Akan tetapi esensi dari upacara pertanian tersebut tetap sama.
Buku ini menyajikan tulisan yang memberikan gambaran secara umum tentang pelaksanaan upacara pertanian pada salah satu organisasi subak di Bali yaitu Subak Jatiluwih yang sudah mendapatkan pengakuan dari UNESCO serta paparan fungsi yang terkait dengan pelaksanaan pertanian itu sendiri.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kampung Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Bali
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:48
Last Modified: 05 Mar 2024 02:48
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30343

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot