Abdurachman, Abdurachman and Muchtar, Muchtar and Suhanta, Bermanto (1985) Ungkapan tradisional yang berkaitan dengan sila-sila dalam pancasila daerah Jawa Barat. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, Jakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan kesusastraan)
UNGKAPAN TRADISIONAL YANG BERKAITAN DENGAN SILA-SILA PANCASILA DAERAH JAWA BARAT.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (42MB) | Preview

Abstract

Ungkapan tradisional baik Sunda maupun Jawa-Cirebon sangat estetis, mengandung unsur puitis dan kekuatan bunyi kata. Itulah sebabnya mengapa ungkapan tradisional itu mudah diingat dan tidak mudah berubah. Struktur dan bunyi kata-katanya, dari generasi ke generasi berikutnya tetap tidak berubah. Pada generasi yang diwarisinya timbul rasa kagum terhadap kearifan penciptanya. Di samping mengandung pesan atau nasehat, terselubung makna yang tinggi yaitu mengandung nilai-nilai moral yang terkandung dalam Pancasila.
Ungkapan tradisional disampaikan oleh penuturnya agar pendengarnya mengetahui mana nilai-nilai yang baik yang mengandung nilai dalam Pancasila dan mana yang buruk. Yang baik harus dijadikan pegangan untuk memperkokoh kehidupan berpancasila dan yang buruk harus dihindari.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Daerah
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 06 Mar 2024 04:31
Last Modified: 06 Mar 2024 04:31
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30336

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot