Latip, Frans and Kopong, Elias and Daga, Stef and Hayon, Josep (1984) Ungkapan tradisional yang berkaitan dengan sila-sila dalam pancasila daerah Nusa Tenggara Timur. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, Jakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan kesusastraan)
UNGKAPAN TRADISIONAL YANG BERKAITAN DENGAN SILA-SILA DALAM PANCASILA DAERAH NTT.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (55MB) | Preview

Abstract

Materi ungkapan tradisional yang dihasilkan pada tahun anggaran 1983 - 1984 adalah ungkapan-ungkapan yang berbentuk frase/kelompok kata dan atau ungkapan yang berbentuk kalimat serta yang isinya berhubungan dengan nilai-nilai Pancasila yang terdapat dalam sila-sila Pancasila. Dari kedua daerah penelitian ini dihasilkan ungkapan-ungkapan yang berbentuk kalimat.
Manusia pedesaan atau manusia tradisional hampir selalu menggunakan lambang-lambang untuk menyatakan maksudnya. Lambang-lambang tersebut diambil dari benda-benda yang ada di lingkungannya, yang ciri-ciri atau sifat-sifatnya dapat diperbandingkan atau menyerupai sifat atau tingkah laku manusia yang ingin dikatakannya.
Dilihat dari segi lingkungannya, benda-benda yang digunakan sebagai lambang terbagi atas lingkungan yang berhubungan dengan dunia perairan atau dunia laut dan benda-benda yang berhubungan dengan dunia daratan. Dalam dunia laut atau dunia perairan, digunakan lambang-lambang dalam bentuk siput dan jenis-jenis ikan tertentu yang ciri-cirinya mengena dengan tingkah laku manusia.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Daerah
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 06 Mar 2024 06:43
Last Modified: 06 Mar 2024 06:43
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30329

Actions (login required)

View Item View Item