Uda, Suman Willem F. and Pantianom, Y.I.D. and Rangka, Siren F and Sahay, Indar M. and Bunu, Helmuth Y. and Mihing, Samuel (1984) Ungkapan tradisional sebagai sumber informasi kebudayaan daerah Kalimantan Tengah. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, Jakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan kesusastraan)
UNGKAPAN TRADISIONAL SEBAGAI SUMBER INFORMASI KEBUDAYAAN DAERAH KALIMANTAN TENGAH.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (18MB) | Preview

Abstract

Masyarakat Indonesia yang bersifat majemuk dan memiliki latar belakang kebudayaan yang beraneka ragam jelas memerlukan kerangka acuan untuk dijadikan pegangan dalam pergaulan nasional masa kini. Oleh karena itu nilai-nilai tradisional yang mengandung persamaan dan bisa dijadikan pegangan bersama bagi seluruh masyarakat Indonesia di manapun tempat tinggalnya, perlu digali dan diteliti kemudian ditawarkan sebagai alternatif yang baik untuk perkembangan kehidupan sosial yang baru dan serasi.
Penawaran alternatif itu penting karena kita sadar bahwa tidaklah mudah untuk memaksakan nilai-nilai yang kita anggap baik ke dalam pergaulan nasional bila kita tidak mengetahui latar belakang kultural masyarakat yang beraneka ragam itu.
Ungkapan tradisional dalam hubungannya sebagai sumber informasi kebudayaan daerah , dipandang perlu untuk dilestarikan dan diteliti kembali untuk dijadikan pegangan dalam pergaulan nasional masa kini dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Daerah
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 07 Mar 2024 02:09
Last Modified: 07 Mar 2024 02:09
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30321

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot