Subagijo, Wisnu and Siregar, Johny (1995) Proses dan strategi adaptasi sosial masyarakat rumah susun (Rumah Susun ilir Barat, Palembang dan Rumah Susun Kebon Kacang, Jakarta). Proyek Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya, Jakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan nilai budaya)
PROSES DAN STRATEGI ADATASI SOSIAL MASYARAKAT RUMA SUSUN.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (49MB) | Preview

Abstract

Tinggal menetap di rusun adalah suatu cara hidup baru bagi sebagian besar anggota masyarakat di perkotaan. Pada mulanya mereka adalah penduduk yang tinggal di pemukiman yang horizontal kemudian mereka mau menetap dan menghuni di pemukiman yang vertikal. Dalam banyak hal, perubahan lingkungan fisik dan kelompok sosial yang sangat berbeda tersebut akan membawa pengaruh, baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap kehidupan mereka. Maka untuk kelangsungan kehidupannya mereka harus dapat beradaptasi dengan lingkungan hidupnya yang baru.

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap berbagai wujud adaptasi sosial sebagai strategi dalam menghadapi lingkungan barunya, baik fisik maupun sosial budayanya. Selain itu juga, untuk menemukenali berbagai permasalahan yang muncul dalam kehidupan masyarakat di rusun, baik di Palembang maupun di Jakarta.

Penelitian tentang proses dan strategi adaptasi masyarakat rusun sebagai kajian mengenai kehidupan rusun mamsih bersifat eksploratif. Dan lebih jauh lagi diharapkan dapat ditemukenali secara nyata berbagai kebutuhan dan penggunaan ruang secara tepat bagi warga masyarakat di rusun. Sehingga para perencana kota melalui pembangunan rusun dapat membuat design pemukiman yang ideal menurut konteks kebudayaan masyarakat setempat.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 07 Mar 2024 01:51
Last Modified: 07 Mar 2024 01:51
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30320

Actions (login required)

View Item View Item