Suwondo, Bambang and Yunus, Ahmad and Maria, Siti (1984) Ungkapan tradisional sebagai sumber informasi kebudayaan daerah Bengkulu. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, Jakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan kesusastraan)
UNGKAPAN TRADISIONAL SEBAGAI SUMBER INFORMASI KEBUDAYAAN DAERAH BENGKULU.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ungkapan tradisional daerah Bengkulu Selatan ini telah berusaha menganalisis beberapa ungkapan di dalam bahasa daerah Serawai dan Bahasa Daerah Kaur. Penelitian ini dilakukan untuk menginventarisasikan beberapa ungkapan/folklore dengan beberapa kesimpulan yang dapat dikemukakan di sini adalah:
1. Kesadaran akan perlunya diadakan penelitian ungkapan tradisional daerah Bengkulu, membuka tabir sedikit demi sedikit tentang latar belakang masyarakat Bengkulu dan Kebudayaannya dalam usaha meningkatkan pembangunan.
2. Dalam ungkapan terdapat hubungan antara makna ungkapan dengan kehidupan masyarakat. Hubungan ini merupakan tali kendali dalam berbuat/bertingkah laku.
3. Ungkapan adalah permainan kata-kata yang dipakai oleh masyarakat pada waktu tertentu untuk menghadapi pikiran-pikiran yang salah baik pikiran itu ada pada kehidupan masyarakat sebagai keseluruhan.
4. Diperlukan penelitian yang lebih mendalam dan yang lebih luas yang dapat menjangkau ungkapan bahasa daerah yang lain untuk dapat memberikan dokumentasi ungkapan daerah yang lengkap di setiap propinsi.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Daerah
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 07 Mar 2024 02:28
Last Modified: 07 Mar 2024 02:28
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30317

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot