Rupa, I Wayan and Jayanti, I Gusti Ngurah and Yufiza, Yufiza (2015) Tradisi memberi makanan (persembahan) kepada roh leluhur (pati ka du'a bapu ata mata) di Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali, Yogyakarta. ISBN 978-602-356-042-4

[img]
Preview
Text (Buku ini merupakan salah satu nilai budaya)
TRADISI MEMBERI MAKANAN KEPADA ROH LELUHUR DI NUSA TENGGARA TIMUR.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (34MB) | Preview

Abstract

Upacara Patika Ata Mata merupakan upacara kepercayaan masyarakat suku Lio Ende, khususnya Desa Woloara, kepercayaan masih tetap hidup dan berkembang di tengah-tengah kehidupan masyarakatnya. Kepercayaan ini berkembang tak terlepas dari peranan para tokoh adat sebagai tokoh yang sangat dihormati sebagai penuntun dan pembina dalam kehidupan berwarga dan bermasyarakat.
Upacara Patika Ata Mata ini dapat bertahan hidup, karena memang benar-benar sebagai penerang jalan hidup bagi komunitasnya sebagai pendukung yang setia. Sisi lain kebertahanan ini terletak pada ritual-ritual yang dilaksanakan oleh komunitas pendukung di setiap kesempatan
dan dilakukan secara rutinitas.
Implikasi terhadap pelaksanaan upacara Patika Ata Mata, adalah terbinanya masyarakat yang patuh, jujur, hormat dan setia kepada leluhur. Dengan terselenggaranya ritual ini masyarakat pendukung mampu melestarikan tradisi tanpa terpengaruh oleh peradaban global.
Pelaksanaan ritual masih tetap berlangsung khusuk, salah satu bukti yaitu yang terjadi di Woloara masih berlangsung berbagai ritual di antaranya : daur hidup, upacara kematian, dan ritual dalam hubungannya dengan pertanian. Upacara ini berlangsung sebagai sebuah tradisi yang tiada henti.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kepercayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Bali
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 08 Mar 2024 06:37
Last Modified: 08 Mar 2024 06:37
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30304

Actions (login required)

View Item View Item