Hamid, Pananrangi and Kanna, Petrus and T., M. Alimin and Bakhri, Syamsul and Jumiati, Jumiati (1989) Pola penguasaan pemilikan dan penggunaan tanah secara tradisional daerah Sulawesi Utara. Proyek Inventarisasi dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya, Ujungpandang.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan penelitian kebudayaan)
POLA PENGUASAAN PEMILIKAN DAN PENGGUNAAN TANAH SECARA TRADISIONAL DI SULSEL.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (84MB) | Preview

Abstract

Segala usaha yang dilakukan untuk pemahaman dan penelaahan tentang pola penguasaan, pemilikan dan penggunaan tanah di Wilayah Republik Indonesia, bagaimanapun juga akan selalu diperhadapkan kepada dua sisi dari kenyataan hidup masyarakat bersangkutan. Tiap-tiap suku bangsa tersebut di
atas, secara geografis menempati wilayah-wilayah tertentu dalam keadaan terpisah-pisah, dengan latar belakang sejarah berbeda-beda pula. Dalam kondisi seperti itu, masing-masing suku bangsa tadi mengembangkan kebudayaannya sendiri-sendiri, sehingga memungkinkan berkembangnya pula norma norma sosial yang secara teoritis berbeda antara satu sama lainnya, hal mana timbul, karena adanya perbedaan pengalaman kesejarahan disamping sentuhan-sentuhan lingkungan hidup masing-masing. Sementara di sisi yang lain, pola budaya setiap suku bangsa bersangkutan telah berkembang secara historis menjadi tradisi, namun dewasa ini tengah membuka diri terhadap pembaharuan yang telah timbul, sebagai akibat proses dan pelaksanaan pembangunan. Semua itu memungkinkan terjadinya pergeseran pola-pola budaya masyarakat, dari pola tradisional menjadi pola baru. Demikianlah, maka usaha pengkajian pola penguasaan, pemilikan dan penggunaan tanah secara tradisional, khusus untuk daerah Sulawesi Selatan mengharuskan kita berorientasi kepada sistem budaya masyarakat bersangkutan terutama yang tercermin dalam aturan-aturan tingkah laku mereka sepanjang pertumbuhan dan perkembangan sejarahnya.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 08 Mar 2024 06:16
Last Modified: 08 Mar 2024 06:16
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30298

Actions (login required)

View Item View Item