Asiarto, Luthfi (2005) Tempat-tempat spiritual di Kabupaten Gianyar, Bali. Direktorat Jenderal Nilai Budaya Seni dan Film, Jakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan kepercayaan masyarakt daerah)
TEMPAT-TEMPAT SPIRITUAL DI KABUPATEN GIANYAR BALI.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (20MB) | Preview

Abstract

Kebudayaan Bali merupakan kebudayaan daerah yang dijiwai Agama Hindu. Di Bali terdapat ribuan pura yang dikelompokkan menjadi Pura Kahyangan Jagat, Pura Sad Kahyangan, Kahyangan Tiga dan Kahyangan Khusus serta Pura Keluarga. Semua pura di Bali adalah merupakan tempat suci umat Hindu di Bali.
Diantara pura yang ada di Bali, beberapa diantaranya juga merupakan tempat-tempat spiritual sesuai dengan kriteria yang ada. Adapun kriteria yang dipakai adalah adanya sejarah atau mitologi, adanya pengelola, pendukung dan pengunjung, adanya simbol dan makna religius dan adanya fungsi sosial khusus. Kriteria yang terakhir ini dimaksudkan sebagai fungsi khusus yang berkaitan langsung dengan aspek kehidupan sosial masyarakat, misalnya untuk memohon keturunan, kesembuhan dan lain-lain.
Masyarakat Bali memiliki tradisi yang kuat yang dijiwai oleh ajaran agama Hindu. Tradisi yang terkait dengan pengelolaan tempat-tempat spiritual di Bali adalah tradisi "Nganyah" dan tradisi "Punia". Nganyah adalah melakukan kegiatan di pura, baik untuk perbaikan bangunan pura, maupun untuk persiapan pelaksanaan upacara tanpa menuntut bayaran. Sedangkan Punia adalah menyerahkan sebagian harta yang dimiliki secara ikhlas untuk perbaikan pura maupun untuk persiapan upacara.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kepercayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 13 Mar 2024 02:07
Last Modified: 13 Mar 2024 02:07
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30290

Actions (login required)

View Item View Item