Iriani, Iriani and Refisrul, Refisrul and Ernatip, Ernatip and Arios, Rois Leonard (2004) Tatakrama suku bangsa Rejang di Kecamatan Curup Provinsi Bengkulu. Proyek PPST Padang, Padang. ISBN 979-9388-37-6

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan adat istiadar)
TATAKRAMA SUKU BANGSA REJANG DI KECAMATAN CURUP PROP BENGKULU.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (29MB) | Preview

Abstract

Masyarakat dan kebudayaan merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Kebudayaan merupakan suatu pengetahuan yang bersifat abstrak yang ada pada masyarakat. Dengan kebudayaan individu sebagai anggota masyarakat mewujudkan tingkah lakunya yang dipakai untuk berinteraksi, baik dengan lingkungan alam, maupun dengan lingkungan sosial dalam masyarakatnya.
Tingkah laku yang dipakai untuk berinteraksi dalam lingkungan sosial sangat tergantung pada kebudayaan masyarakat yang bersangkutan. Setiap suku bangsa memilki tingkah laku atau sopan santun dalam berinteraksi, walaupun antar suku bangsa yang satu dengan suku bangsa yang lain ada persamaan.
Masyarakat suku bangsa Rejang mengenal beberapa tingkah laku atau sopan santun dalam lingkungan sosial, yakni dalam lingkungan kerabat maupun di luar lingkungan kerabat yakni sopan santun atau tatakrama, menghormat, tatakrama bertegur sapa, tatakrama berbicara, tatakrama bersalaman, tatakramam makan dan minum, tatakrama berpakaian dan tatakrama bertamu. Wujud ideal semua prilaku tatakrama tersebut, sampai saat ini ada yang masih bertahan dan ada pula yang sudah mengalami perubahan, hal ini akibat dari adanya modernisasi disegala aspek kehidupan manusia, sehingga baik secara langsung maupun tidak langsung akan mengalami perubahan. Walaupun wujud ideal dari sebagian tatakrama tersebut sudah ada yang berubah namun sebagian masih berubah pada batas-batas yang wajar. Akan tetapi lama-kelamaan bisa menjurus ke hal-hal yang tidak wajar, akibat adanya arus informasi, percampuran penduduk secara pisik dalam satu wilayah, serta adanya persebaran suku bangsa Rejang itu sendiri ke daerah-daerah luar Curup.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 13 Mar 2024 02:13
Last Modified: 13 Mar 2024 02:13
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30286

Actions (login required)

View Item View Item