Seno, Seno and Yondri, Yondri (2007) Perubahan sosial ekonomi masyarakat transmigran di Nagari Lunang, Pesisir Selatan 1973-1995. Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional, Padang. ISBN 978-979-9388-75-9

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan masyarakat adat)
PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT TRANSMIGRAN DI NAGARI LUNANG PESISIR SELATAN 1973-1995.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (34MB) | Preview

Abstract

Buku ini mempunyai arti penting untuk mengetahui daerah Lunang yang sebagian besar wilayahnya semula berupa hutan belantara dan letaknya terisolir, kini menjadi daerah yang relatif makmur.

Kehadiran para transmigran asal Jawa di daerah Lunang telah mampu merubah hutan belantara menjadi daerah pertanian dan perkebunan, sehingga dapat mendatangkan kemakmuran baik bagi para transmigran maupun penduduk asli setempat. Bahkan, daerah Lunang kini tidak hanya dikenal sebagai daerah lumbung padi dan jagung, tetapi juga menjadi daerah perkebunan kelapa sawit.

Di samping itu, keberadaan para transmigran asal Jawa di sana juga telah menyebabkan terjadinya akulturasi budaya dengan penduduk asli setempat. Proses akulturasi budaya ini dipercepat dengan terjadinya perkawinan campur (ama/gamasi) antara para transmigran dengan penduduk asli setempat yang umumnya orang Minangkabau.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:04
Last Modified: 15 Mar 2024 02:04
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30267

Actions (login required)

View Item View Item