Idris, Zainuddin H. and Faridan, Abdullah and Husin, Hasan and Marlian, Syamsuar and Majid, Sulaiman and Ajies, A. Murad Em (1984) Tata kelakuan lingkungan pergaulan keluarga dan masyarakat Propinsi Daerah Istimewa Aceh. Proyek Inventarisasi dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya Daerah, Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan masyarakat adat)
TATA KELAKUAN LINGKUNGAN PERGAULAN KELUARGA DAN MASYARAKAT PROPINSI D.I. ACEH.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (35MB) | Preview

Abstract

Hubungan tata kelakuan di dalam pergaulan di lingkungan keluarga dan masyarakat mempunyai peranan bagi pembinaan tata kelakuan di lingkungan yang lebih luas, baik yang bersifat regional maupun yang bersifat nasional. Tata kelakuan dalam lingkungan keluarga batih menjadi dasar bagi pembinaan tata kelakuan dalam keluarga luas, dan selanjutnya dapat menjadi dasar bagi pembinaan tata kelakuan dalam masyarakat tempat seseorang bertempat tinggal.
Tata kelakuan yang diperoleh dari masyarakat merupakan sosialisasi dari tata kelakuan yang diperoleh dari keluarga-keluarga luas yang dijumpai dalam masyarakat itu. Pengalaman dari sosiolisasi tata kelakuan-tata kelakuan yang diperoleh di dalam masyarakat itu merupakan tata kelakuan umum yang berlaku dalam suatu etnik. Tata kelakuan etnik merupakan dasar dari tata kelakuan yang diperlihatkan oleh anggota masyarakat dari etnik tertentu dalam pergaulannya dengan anggota-anggota masyarakat suku bangsa.
Seorang anggota masyarakat dari desa tertentu yang muncul di dalam pergaulan kota biasanya memperlihatkan tata kelakuan yang berbeda dari tata kelakuan yang diperlihatkan oleh orang-orang lain dari desa yang sama. Hal ini terjadi disebabkan proses sosialisasi yang telah terjadi dalam diri orang itu sedemikian rupa , sehingga ia lupa bagaimana bentuk tata kelakuan yang diperolehnya dahulu dari keluarga atau masyarakat desanya. Demikianlah akhirnya. orang tersebut akan memperlihatkan tata kelakuan yang lebih bersifat umum dari pada sifat-sifat spesifik suatu desa atau etnik.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 18 Mar 2024 04:00
Last Modified: 18 Mar 2024 04:00
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30263

Actions (login required)

View Item View Item