Nurdin, Parmi and Suhandi, Suhandi and M., M. Yusuf (1989) Tata kelakuan di lingkungan pergaulan keluarga dan masyarakat setempat daerah Bengkulu. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah Bengkulu, Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan nilai budaya)
TATA KELAKUAN DI LINGKUNGAN PERGAULAN KELUARGA DAN MASYARAKAT BENGKULU.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (47MB) | Preview

Abstract

Sebagaimana suku bangsa lain di Indonesia, Suku Bangsa Serawai juga mempunyai suatu adat-istiadat tersendiri. Selain adat istiadat, kebiasaan-kebiasaan yang telah merupakan aturan turun temurun masih kelihatan mengatur kehidupan masyarakat. Secara langsung dapat dilihat dari pergaulan sehari-hari. Dalam pergaulan sehari-hari ini kelihatan tingkah laku antara individu yang cukup kompleks.
Kebiasaan-kebiasaan yang terpelihara dan dianut oleh masyarakat telah merupakan suatu sumber hukum yang dapat membatasi tingkah laku mereka. lnteraksi anggota masyarakat yang bertentangan dengan kebijaksanaan hukum tersebut secara spontan akan ditindak oleh penegak-penegak hukum adat. Dengan sendirinya kebiasaan-kebiasaan yang terpelihara di dalam masyarakat tersebut dapat bertahan dari generasi ke generasi berikutnya.
Suku bangsa Serawai adalah salah satu dari beberapa suku bangsa di Propinsi Bengkulu. Dalam pergaulan sehari-hari, kelihatan suatu aturan atau kebiasaan yang tidak jauh berbeda dengan suku bangsa lain. Hanya perbedaan-perbedaan kecil yang tidak begitu menyolok dapat dirasakan dan perbedaan tersebut tidaklah akan menjadi penghalang pergaulan antar semua suku bangsa yang ada di daerah Bengkulu.
Di dalam masyarakat suku bangsa Serawai masih terdapat tata kelakuan dalam pergaulan keluarga dan masyarakat setempat yang berlandaskan kepada aturan-aturan yang diwariskan nenek moyang. Aturan-aturan tersebut yang pada mulanya merupakan suatu kebiasanan-kebiasaan yang baik akan berkembang di lingkungan masyarakat dan dijunjung oleh masyarakat pendukungnya hingga akhirnya membentuk suatu aturan yang mereka taati.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 20 Mar 2024 07:26
Last Modified: 20 Mar 2024 07:26
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30260

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot