Ulaen, Alex J. and Nugrahini, Paulina and Setiawan, Christian and Dukalang, Asrullah and Alinabur, Alinabur (2012) Studi tentang sosial budaya masyarakat daerah perbatasan: studi kasus masyarakat Pulau Marore Kabupaten Kepulauan Sangihe. Balai Pelestarian Nilai Budaya Manado, Yogyakarta. ISBN 9786029374452

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan penelitian kebudayaan)
STUDI KASUS MASYARAKAT PULAU MARORE KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (48MB) | Preview

Abstract

Studi tentang Sosial Budaya Masyarakat Daerah Perbatasan: Studi Kasus Masyarakat di Pulau Marore Kabupaten Kepulauan Sangihe ini merupakan bagian dari kajian ekspresi keragaman budaya dibiayai oleh Balai Pelestarian Njlai Budaya
Manado. Studi ini mencoba memahami kehidupan pendukung tradisi bahari di Nusa Utara dan khususnya warga Marore di wilayah perbatasan antar negara (Indonesia ­Filipina). Studi ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan etnohistori meskipun tidak menutup penggunaan pendekatan lainnya yang lazim dalam kajian humaniora.
Beberapa temuan dalam studi ini antara lain, tradisi bahari yang didukung warga nusa utara memiliki ekspresi budaya yang terekam dalam pengetahuan tentang musim, perbintangan, klasifikasi dan orientasi geografis, dan mata angin secara tradisional. Pengetahuan tersebut menjadi pedoman ketika mereka melaut dan menjalankan tradisi badaseng.
Masuknya unsur budaya baru seperti penggunaan mesin sebagai penggerak perahu, telah menggeser penggunaan perahu sampan secara tradisional, sekaligus mempengaruhi ilmu pengetahuan dan unsur budaya-nir-benda dari dunia kognisi warga.
Praktek badaseng menghasilkan diaspora warga pendukung tradisi bahari tidak sebatas wilayah tanah air tetapi juga sampai ke wilayah negara tetangga. Praktek melaut dengan tradisi badaseng ini mendasari warga melakukan aktivitas melintasi batas dua negara dan berdiaspora di Mindanao.
Kenyataan tersebut mendorong pemerintah kedua negara sepakat mengadakan perjanjian lintas batas yang isinya mengatur repatriasi, legalisasi, dan naturalisasi warga Nusa Utara dan khususnya Marore yang menetap di wilayah Filipina.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Sulawesi Utara
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 04 Jun 2024 07:02
Last Modified: 04 Jun 2024 07:02
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30252

Actions (login required)

View Item View Item