Bangun, P. Payung and Fachrudin, Chalida and Sihaloho, L. and Siregar, Mustafa and Bale, Djenen (1983) Sosialisasi pada perkampungan miskin di kota madya Medan Propinsi Sumatera Utara (struktur keluarga dan sosialisasi anak). Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, Medan.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan nilai budaya)
SOSIALISASI PADA PERKAMPUNGAN MISKIN DI KOTA MADYA MEDAN PROPINSI SUMUT.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (15MB) | Preview

Abstract

Struktur keluarga batih di perkampungan miskin, baik di pusat kota maupun di pinggir kota, masih lengkap, yaitu terdiri atas ayah, ibu dan anak-anak mereka. Hubungan suami istri berlandaskan perkawinan resmi sesuai dengan pranata sosial yang berlaku.
Ayah dalam keluarga batih merupakan tiang ekonomi keluarga. Peranan ayah dalam sosialisasi anak, walaupun tidak sebesar peranan ibu, masih tetap ada. Relatif kecilnya peranan ayah disebabkan peranannya sebagai pencari nafkah sehingga relatif lebih sering berada di luar rumah. Peranan ibu dalam keluarga batih adalah mengurus rumah tangga yang biasanya dibantu oleh anak perempuan yang sudah besar. Sementara itu, saudara-saudara kandung, terutama yang lebih tua juga berperan dalam sosialisasi dalam arti mengawasi saudara-saudara yang lebih muda. Malahan saudara-saudara kandung sering saling mensosialisasi.
Orang tua dalam keluarga batih, meskipun tinggal di perkampungan miskin di kota, juga masih berusaha mewariskan nilai budaya dan sistem sosial yang berasal dari kelompok suku bangsanya, dan nilai agama kepada anak-anak. Namun karena anak-anak semenjak usia dini telah dihadapkan pada lingkungan yang lebih luas dan heterogen, sosial maupun fisik, pewarisan budaya suku bangsa tidak terserap lagi seluruhnya, bahkan banyak terpengaruh oleh budaya lokal. Dengan kata lain anak-anak beradaptasi dengan nilai budaya, sistem sosial, dan lingkungan fisik yang lebih luas, yang pada gilirannya membentuk pribadi anak-anak yang berbeda dengan orang tuanya.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:32
Last Modified: 21 Mar 2024 06:32
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30245

Actions (login required)

View Item View Item