Ratnawati, Latifah and Mairu, Tarmizi and Hanif, Zainal Abidin and Marbe, Umar Zipin (1986) Sistem kepemimpinan di dalam masyarakat pedesaan daerah Sumatera Selatan. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, Palembang.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan nilai budaya)
SISTEM KEPEMIMPINAN DI DALAM MASYARAKAT PEDESAAN DAERAH SUMSEL.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (50MB) | Preview

Abstract

Hal-hat yang dibahas dalam analisis ini menyangkut:
1. Pengaruh Kebudayaan terhadap sistem kepemimpinan pedesaan;
2. Sistem kepemimpinan pedesaan sehubungan dengan sistem administrasi politik nasional;
3. Sistem kepemimpinan pedesaan dalam pembangunan nasional.
Berdasarkan uraian-uraian dalam yang disampaikan, terlihat bahwa pengaruh kebudayaan terhadap sistem kepemimpinan pedesaan sangat mendasar terutama pengaruh hukum adat yang tertuang dalam Kitab Undang-undang Simbur Cahaya.
Maksudnya adalah bahwa sifat kebersamaan masyarakat masih betul-betul terlihat di dalam sistem kepemimpinan itu. Kadang-kadang sifat ini melampaui batas-batas kepemimpinan seorang pemimpin. Sebagai contohnya dapat dikemukakan bahwa organisasi Karang Taruna mempunyai seorang ketua dan pengurus lainnya. Sewaktu organisasi ini menerima bantuan berupa peralatan kesenian, peralatan ini tidak saja digunakan oleh anggota Karang Taruna , tetapi juga oleh remaja yang tidak tergabung dalam organisasi ini bahkan digunakan juga oleh orang tua. Ketua dalam hal ini tidak merasa bahwa kepemimpinannya dilampaui oleh masyarakat karena sifat kebersamaan yang telah mentradisi itu. Selain dari contoh itu masih banyak lagi contoh-contoh yang lainnya.
Setelah itu , pengaruh-pengaruh yang datang kemudian hanya bersifat melengkapi saja dari hal-hal yang sudah ada dan mendasar dalam kehidupan masyarakat .

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:56
Last Modified: 27 Mar 2024 03:56
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30196

Actions (login required)

View Item View Item