Kana, Ch. and Kopong, Elias and Soh, Andre Z and Koehuan, M. (1984) Sistim gotong royong dalam masyarakat pedesaan daerah Nusa Tenggara Timur. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kupang.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan nilai budaya)
SISTEM GOTONG ROYONG DALAM MASYARAKAT PEDESAAN DAERAH NTT.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (54MB) | Preview

Abstract

Akibat kemajuan pendidikan dan pembangunan dalam arti luas terjadilah pergeseran nilai-nilai budaya dalam masyarakat. Karena sistem gotong royong adalah bagian dari pada kebudayaan maka nilai budaya dalam sistem, gotong royong itu pun turut mengalami perubahan dan pergeseran.
Di daerah pedesaan di Nusa Tenggara Timur hal itupun terjadi walaupun belum dapat menghilangkan sistem gotong royong tersebut. Tetap bertahan dan tidak musnahnya sistim-gotong royong tersebut adalah karena akar-akarnya sangat kuat dan dalam tertanam dalam kehidupan masyarakat. jadi sudah membudaya dan dipraktekkan selama bertahun-tahun. Ditinjau dari segi gotong royong, dapat dikatakan seluruh sendi-sendi kehidupan masyarakat berakar pada sistim gotong royong itu.
Kemajuan pendidikan, pembangunan dan teknologi yang dilaksanakan dengan giat oleh pemerintah diterima dengan baik pula oleh masyarakat. Kenyataan menunjukkan bahwa nilai-nilai gotong royong itu mengalami perubahan karena kemajuan itu tadi. Akan tetapi tidaklah berarti bahwa kemajuan itu memusnahkan sistim gotong royong melainkan sempat merubah beberapa segi saja dari sistim tersebut. Kemajuan pendidikan, pembangunan dan teknologi agaknya terlalu deras berkembang dalam masyarakat sehingga masyarakat belum sempat mengadakan penyesuaian dengan baik. Hal inilah rupanya yang menyebabkan goyahnya sendi-sendi gotong royong itu . Hal mana nampak dalam perubahan-perubahan yang telah disebutkan. Gotong royong, kemajuan pembangunan, pendidikan dan teknologi sebenarnya adalah unsur-unsur yang turut memperkuat sendi-sendi masyarakat Indonesia. Semua unsur-unsur harus dapat berkembang sejajar dan serasi untuk menciptakan suatu hari depan yang gemilang. Oleh karena itu antara semua unsur-unsur itu dalam perkembangannya harus diusahakan suatu keserasian dan persesuaian dengan memberikan kesempatan beradaptasi dan berintegrasi. Dengan demikian sistim gotong-royong diharapkan menjadi faktor penunjang pembangunan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:35
Last Modified: 19 Mar 2024 06:35
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30191

Actions (login required)

View Item View Item