Astika, Ketut Sudhana and Suci, Ni ketut and Sukarja, Putu and Sudiarna, Gusti Putu and Sukadana, Gusti Ketut Alit (1988) Sistem ekonomi tradisional sebagai perwujudan tanggapan masyarakat terhadap lingkungannya daerah Bali. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, Denpasar.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan kearifan lokal)
SISTEM EKONOMI TRADISIONAL SEBAGAI PERWUJUDAN TANGGAPAN MASYARAKAT TERHADAP LINGKUNGAN BALI.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (96MB) | Preview

Abstract

Sistem ekonomi tradisional sebagai unsur kebudayaan yang mengandung nilai, gagasan dan keyakinan-keyakinan: yang dianut oleh suatu masyarakat, mempunyai perkembangan dalam lokasi yang relatif kecil dan dalam kurun waktu yang cukup lama dapat menjadi identitas yang berakar kuat di dalam sistem masyarakat seperti apa yang dijumpai di desa Tenganan Pegringsingan.
Sistem ekonomi tradisional merupakan perwujudan dari tanggapan aktif manusia terhadap lingkungannya, dimana diharapkan dapat terjadinya keserasian antara ketiga pola yang ada. Hal ini terlihat dengan adanya keserasian antara ketiga pola tersebut terutama yang menyangkut pola produksi: padi, tuak serta gringsing; yang selalu diselaraskan dengan pola distribusi dan pola konsumsi, pada masyarakat.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:16
Last Modified: 27 Mar 2024 04:16
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30180

Actions (login required)

View Item View Item