Rosyadi, Rosyadi and Alamsyah P., Suwardi and Irma R, Enden and Nasihin, Anas Azhar and Suanda, Toto Amsar and Roswandi, H. Iwan and Thresnawaty, Euis and Nisfiyanti, Yanti and Iim, Iim and Choliludin, Rizky Sya'ban (2012) Sisingaan: kesenian khas Kabupaten Subang. Balai Pelestarian Nilai Budaya Bandung, Bandung.

[img]
Preview
Text
SISINGAAN KESENIAN KHAS KABUPATEN SUBANG.PDF - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (26MB) | Preview

Abstract

Kesenian Sisingaan merupakan bentuk ekspresi seniman Subang dalam berolah seni yang kemudian melahirkan suatu bentuk karya seni yang indah dan digemari oleh masyarakat, bukan saja masyarakat Subang, melainkan masyarakat Sunda di wilayah Jawa Barat.
Ada beberapa pendapat mengenai asal usul kesenian Sisingaan. Ada yang mengatakan bahwa kesenian Sisingaan sebagai ekspresi simbol perlawanan masyarakat terhadap penguasa asing (Belanda dan Inggris) yang ketika itu menguasai kehidupan sosial, politik dan ekonomi masyarakat.
Ada juga yang berpendapat bahwa pada mulanya kesenian ini merupakan kesenian sakral yang berkaitan dengan upacara pertanian dan bersih desa. Pendapat ini mengatakan bahwa kesenian Sisingaan berasal dari kesenian osong-odong, yaitu hewan-hewn suci yang dipandang melindungi dan memberikan keselamatan kepada warga kampung/desa.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Seni dan Kesenian
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Jawa Barat
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 23 Feb 2024 04:03
Last Modified: 23 Feb 2024 04:03
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30176

Actions (login required)

View Item View Item