Fachruddin, Fachruddin and Sitorus, M. and Dj., Endjat and Rumtiyati, Rumtiyati (1992) Pengendalian sosial tradisional daerah Lampung. Bagian Proyek Penelitian, Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya Daerah Lampung, Bandar Lampung.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan masyarakat adat)
PENGENDALIAN SOSIAL TRADISIONAL DAERAH LAMPUNG.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (51MB) | Preview

Abstract

Menurut adat istiadat Lampung, sebenarnya ada cara-cara pengendalian sosial yang telah lama disepakati, sesuai dengan prinsip-prinsip masyarakat Lampung yang dikenal dengan istilah Piil yang terdiri dari : piil pesenggiri, nengah nyapur, nemui nyimah, persahabatan atau sakai sabayan dan bejuluk beadek, yang dapat diuraikan sebagai berikut :
1. Masyarakat Lampung harus bekerja dan belajar agar mampu hidup berdampingan sejajar dengan manusia lainnya yang berkualitas yang mempunyai kedudukan yang terhormat (piil pesenggiri);
2. Masyarakat Lampung haruss bermasyarakat (nengah nyapur);
3. Masyarakat Lampung harus menghormati tamu (nemui nyimah);
4. Masyarakat Lampung harus sayang menyayangi, sating menghormati, dan bergotong-royong dalam kehidupan bersama/bermasyarakat termasuk memanfaatkan dan melestarikan alam lingkungannya (sakai sabayan);
5. Masyarakat Lampung harus mampu melekatkan lambang-lambang kehormatan pada dirinya (bejuluk beadek).
Masyarakat Lampung sebenarnya mempunyai etos kerja yang cukup tinggi. Hal tersebut merupakan konsekuensi logis dari keinginan yang kuat untuk dapat hidup berkecukupan, bahkan akan meninggalkan desa menuju ke kota dalam rangka usaha meningkatkan kualitas hidupnya. Sedang mereka yang gagal mendapat kehidupan yang baik di kota harus tetap tinggal di desa atau bahkan membuka hutan untuk dijadikan lahan pertanian baru.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 02 Apr 2024 02:00
Last Modified: 02 Apr 2024 02:00
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30118

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot