Tutupoho, Rosmin (1989) Pengendalian sosial di bidang pelestarian lingkungan alam (kewang) daerah Maluku. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Ambon.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan masyarakat adat)
PENGENDALIAN SOSIAL DI BIDANG PELESTARIAN LINGKUNGAN ALAM DAERAH MALUKU.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (42MB) | Preview

Abstract

Di dalam kehidupan masyarakat adat di Maluku pengendalian sosial yang mengatur tata kelakuan antar manusia sampai cara manusia mengelola dan memelihara sumber hayati dan nabati dikenal dengan nama Sasi, yaitu suatu lembaga adat.
Wujud-wujud pengedalian didalam kehidupan masyarakat khususnya yang melanggar adat hukumannya dimulai dari yang ringan sampai yang berat, yaitu hukuman fisik sampai hukuman psikis. Kita kenal hukuman Pela, di Maluku Tengah.
Demikian pula ada hukum Dola siwor di Maluku Utara terhadap orang yang me1akukan perzinahan. Selanjutnya ada pula aturan-aturan yang mengatur seseorang dalam cara bertutur sapa (panggilan-panggilan kerabat) dan bersopan santun.
Masyarakat menganggap bahwa aturan-aturan lama ada yang masih bisa dipertahankan namun ada juga yang sudah tidak bisa dipertahankan lagi karena dapat merugikan masyarakat bila ditinjau dari segi ekonomi dan kepraktisan. Contoh masyarakat Maluku pada akhirnya mengenal dan menerima adat kawin lari, sebagai suatu adat kebiasaan yang dapat diterima padahal mulanya jenis kawin ini adalah penyimpangan dari adat kawin yang ideal ialah adat kawin Minta.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 02 Apr 2024 01:46
Last Modified: 02 Apr 2024 01:46
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30115

Actions (login required)

View Item View Item