Waluyo, Harry, dkk (2012) Buku panduan praktis pencatatan warisan budaya takbenda Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. ISBN 9789791274371

[img]
Preview
Text
PENCATATAN WARISAN BUDAYA TEKBENDA INDONESIA0001.PDF - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (28MB) | Preview

Abstract

Penerbitan buku Panduan Praktis Pencatatan Warisan Budaya Takbenda Indonesia merupakan salah satu kegiatan dalam pendaftaran dan pencatatan unsur budaya menjadi warusan budaya masyarakat, yang kemudian dilakukan penetapan sebagai upaya pelindungannya. Hal ini merupakan bagian dari upaya pelestarian warisan budaya takbenda agar dapat memantapkan jati diri bangsa, dan juga memperjelas asal usul unsur budaya yang terdapat di wilayah Indonesia.
Pencatatan warisan budaha takbenda Indonesia bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, melainkan juga menjadi tanggung jawab seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) seperti komunitas pendukungnya dan masyarakat Indonesia secara umum.
Agar pencatatan warisan budaya takbenda yang dilakukan oleh berbagai pihak dapat memiliki standar, maka perlu adanya buku panduan yang berisi tentang cara-cara praktis untuk melakukan inventarisasi. Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Kantor UNESCO Jakarta menyusun "Buku Panduan Praktis Pencatatan Warisan Budaya Takbenda Indonesia" yang diharapkan dapat digunakan sebagai pedoman dalam melakukan kegiatan inventarisasi warisan budaya takbenda dari seluruh Indonesia.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Panduan/Pedoman
Pendidikan > Kebudayaan > Cagar Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 18 Dec 2023 04:30
Last Modified: 18 Dec 2023 04:30
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30089

Actions (login required)

View Item View Item