Agustrisno, Agustrisno and Simanjuntak, Junjungan S.B.P. and Rachman, Abdul and Siregar, Edi Saputra (1994) Pembinaan budaya dalam lingkungan keluarga daerah Sumatera Utara. Bagian Proyek Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya Sumatera Utara, Medan.

[img]
Preview
Text (Buku ini berisi penjelasan tentang pembinaan budaya dalam lingkungan keluarga daerah Sumatera Selatan)
PEMBINAAN SUMBER DAYA LINGKUNGAN KELUARGA DAERAH SUMUT.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (23MB) | Preview

Abstract

kecuali ibu/istri dan anggota lain di dalam keluarga peran guru bagt msyarakat Melayu di Desa Bogak juga sangat menentukan akan perkembangan dan kesiapan anak-anak dalam menyonsong masa depannya di dalam kehidupan berkeluarga/berumah tangga dan bermasyarakat. sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku menurut adat maupun agamanya.
Dalam melakukan pembinaan budaya di dalam keluarga biasanya anak-anak mendapat tugas-tugas tertentu yang harus dikerjakan dan diselesaikan secara rutin setiap hari. Di samping larangan-larangan (pantangan) tertentu dalam hal berbuat, berbicara, memakan makanan tertentu, dan sebagainya. Adakalanya disampaikan melalui dongeng-dongeng tertentu. terutama tentang gejala alam yang ada kaitannya dengan kehidupan di laut.
Apabila anak-anak melakukan perbuatan yang sesuai sebagaimana yang diharapkan, mereka akan mendapat pujian ataupun hadiah. Sebaliknya, apabila mereka berbuat kesalahan, akan ditegur, dimarahi, dijewer, atau bahkan dipukul agar jangan sampai melakukan perbuatan yang sama berulang kali.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Orang Tua > Pendidikan Keluarga
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 28 Feb 2024 02:11
Last Modified: 28 Feb 2024 02:11
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30085

Actions (login required)

View Item View Item