Sinaga, Mula (2003) Pedoman teknis pemberdayaan penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Asdep Urusan Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Jakarta.
|
Text (Buku ini berisi pedoman teknis pemberdayaan penghayat kepercayaan)
PEDOMAN TEKNIS PEMBERDAYAAN PENGHAYAT KEPERCAYAAN TERHADAP TUHAN Y.M.E. 2003.pdf - Published Version Copyright All Rights Reserved Download (18MB) | Preview |
Abstract
Pedoman Teknis Pemberdayaan penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah upaya pelestarian dan pengembangan salah satu warisan budaya bangsa yang secara riil masih hidup dan berkembang serta dihayati oleh sebagian masyarakat Indonesia. Keberhasilan Pemberdayaan penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dapat terwujud apabila terjalin kerja sama yang harmonis antara penghayat, masyarakat dan instansi pemerintah sebagai pengendali, fasilitator dan berfungsi sebagai pendorong, pembimbing, monitor dan mitra kerja serta instansi terkait lainnya.
Pedoman Teknis pemberdayaan penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa bertujuan juga sebagai pedoman bagi instansi yang terkait guna melestarikan, mengembangkan dan memanfaatkan nilai-nilai luhur kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, serta meningkatkan sumber daya penghayat sendiri dalam peran sertanya dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara. Selain itu para penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sebagai salah satu unsur budaya khususnya budaya spiritual agar menjadi bagian bangsa Indonesia melalui sosialisasi dan implementasi dalam peningkatan akhlak budi pekerti, etika, estetika yang tercermin dalam perilaku kehidupan guna menopang keberhasilan pembangunan nasional dengan berdasarkan sesanti "memayuhayuning bawana".
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebudayaan > Kepercayaan |
Divisions: | Direktorat Jenderal Kebudayaan |
Depositing User: | Sekretariat Ditjen Kebudayaan |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 01:01 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 01:01 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30064 |
Actions (login required)
View Item |