Herman, V. J. (1993) Pameran benda cagar budaya hasil temuan di Nusa Tenggara Barat dalam pekan apresiasi budaya NTB '93. Direktorat Jenderal Kebudayaan, Mataram.

[img]
Preview
Text (Buku ini berisi deskripsi tentang pameran benda cagar budaya hasil temuan di NTB)
PAMERAN BENDA CAGAR BUDAYA.PDF - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kehidupan masyarakat Nusa Tenggara Barat dewasa ini merupakan proses perkembangan sejarah yang telah dimulai sejak jaman prasejarah. Berbagai peninggalan kebudayaan mulai dari tingkat yang sederhana sampai yang kompleks telah ditemukan, baik melalui ekskavasi Arkeologi maupun temuan masyarakat di Wilayah Nusa Tenggara Barat. Adanya benda-benda temuan seperti ini memberi tanda bahwa peradaban manusia yang hidup di daerah ini pada masa-masa awal tersebut sudah demikian tingginya, sehingga mampu memberi jejak yang pasti bagi penggunaan peralatan atau penciptaan benda-benda budaya bagi manusia yang hidup pada masa selanjutnya.
Disamping itu, adanya kontak dengan budaya luar seperti India, China, dan bangsa-bangsa di daratan Asia lainnya juga telah mempengaruhi corak perkembangan kebudayaan Indonesia pada umumnya dan kebudayaan Nusa Tenggara Barat pada khususnya. Hal ini terbukti dengan adanya temuan berupa manik-manik, nekara yang berasal dari Dongsong, keramik Chuna maupun keramik Asia lainnya dan adanya pengaruh Agama Hindu dalam kebudayaan asli Indonesia.
Keadaan perkembangan budaya masyarakat yang demikian telah memberi ide kepada pihak museum untuk melaksanakan kegiatan pameran benda-benda cagar budaya hasil temuan di wilayah Nusa Tenggara Barat, yang intinya merupakan realisasi dari pada pelaksanaan tugas dan fungsi Museum berupa, mengumpulkan, mengelola, melestarikan, meneliti serta memamerkan benda-benda koleksinya sebagai upaya untuk menyebarluaskan informasi budaya kepada masyarakat.
Benda-benda hasil temuan yang sampai saat ini dapat dihimpun oleh museum merupakan benda hasil ekskavasi arkeologi maupun hasil temuan masyarakat yang telah diberi imbalan jasa yang pantas kepada penemunya. Sedangkan benda temuan yang akan dipamerkan pada kesempatan ini adalah benda-benda temuan pada lokasi: gunung piring, lokasi Pendue, Aik Renung, Doro Kamihi, Sori Na'E Dompu, Penjor, Desa Sugian Kecamatan Sambalia, Batu Beleq dan Teluk Santong.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Museum
Pendidikan > Kebudayaan > Cagar Budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 26 Feb 2024 03:58
Last Modified: 26 Feb 2024 03:58
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30008

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot