Ritonga, Farida Hanum and Dualay, J. Fachruddin and Chatib, Nazief and Tarigan, Samsul and Irwansyah, Irwansyah (1993) Peranan pendidikan dalam pembinaan kebudayaan nasional daerah Sumatera Utara. Proyek Penelitian Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya, Medan.

[img]
Preview
Text (Buku ini berisi penjelasan tentang peranan pendidikan dalam pembinaan kebudayaan nasional daerah Sumut)
PERANAN PENDIDIKAN DALAM PEMBINAAN KEBUDAYAAN NASIONAL DAERAH SUMUT.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (30MB) | Preview

Abstract

Seorang murid akan mempelajari berbagai mata pelajaran yang tersusun dalam kurikulum sekolah. Murid dituntut untuk mengikuti semua pelajaran yang telah diprogram oleh sekolah tanpa mempunyai kemampuan untuk menolak atau memilih mata pelajaran yang tersusun dalam kurikulum sekolah. Di lingkungan pendidikan tinggi, mahasiswa dituntut kemampuannya untuk berpikir obyektif/realitas/kritis, sistematis. metodis, dan universal; sebagai bekal untuk menghadapi tantangan di kemudian hari. Namun sampai sejauh ini, peranan pendidikan terutama bidang pengajaran dan pengabdian masyarakat masih selalu dipertanyakan.

Dalam mengatur kedudukan dan peranan seseorang, masih ada yang menggunakan latar belakang lembaga pendidikan tertentu. agama tertentu atau suku bangsa tertentu. Permasalahan tersebut timbul karena masih adanya kepentingan kelompok kelompok kecil yang terikat dengan golongannya (primordialism), yakni sikap lebih mengunggulkan kebudayaan sendiri (ethnocentrism) atau sikap lebih mengunggulkan disiplin ilmu yang dikuasainya daripada disiplin ilmu yang lain (pedantic). Padahal, "pembinaan kebudayaan nasional bertujuan untuk kemajuan adab, budaya, persatuan, dengan tidak menolak bahan-bahan baru dari kebudayaan asing yang dapat lebih mengembangkan atau memperkaya kebudayaan bangsa
sendiri serta mempertinggi derajat kemajuan bangsa."

Fakta-fakta di atas banyak ditemukan dalam kehidupan bermasyara�kat. justru yang menjadi pertanyaan sekarang ialah apa dan bagaimana sesungguhnya peranan pendidikan dalam pembinaan kebudayaan nasional?

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 23 Feb 2024 05:22
Last Modified: 23 Feb 2024 05:22
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29981

Actions (login required)

View Item View Item