Balai Pelestarian Nilai Budaya Aceh, Balai Pelestarian Nilai Budaya Aceh (2016) Migrasi dan Pluralitas masyarakat di Kota Sabang [edisi revisi]. Balai Pelestarian Nilai Budaya Aceh, Banda Aceh. ISBN 9786029457612

[img]
Preview
Text
MIGRASI DAN PLURALITAS MASYARAKAT DI KOTA SABANG.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (19MB) | Preview

Abstract

Indonesia dikenal dengan kemajemukan masyarakatnya, baik dari sisi etnisitas maupun budaya serta agama dan kepercayaannya. Ada yang menganggap bahwa kemajemukan masyarakat dapat menimbulkan konflik sosial, tetapi jika berjalan secara selaras, serasi, dan harmonis akan tercipta integrasi sosial dan itu dapat berpotensi membantu bangsa Indonesia untuk maju dan berkembang bersama. Hal yang demikian dapat dijumpai pada masyarakat Sabang sebagai salah satu daerah yang intensitas kemajemukannya sangat tinggi, tetapi masyarakatnya dapat hidup secara rukun dan damai.
Pada umumnya masyarakat Sabang adalah pendatang, yang terdiri atas beberapa etnis di Indonesia yang sudah dimulai sejak zaman Pemerintahan Hindia Belanda di Aceh. Kemajemukan merupakan bagian dari kehidupan masyarakat di Sabang. Masyarakat Sabang dalam kehidupan sehari-hari sangat terbuka dan toleran terhadap budaya dan etnis lain. Pengalaman masyarakat di Sabang dalam merawat kemajemukan dapat menjadi inspirasi dan pengaruh positif bagi daerah lain dalam menjaga kemajemukan masyarakat di Indonesia.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Aceh
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 10 Nov 2023 09:02
Last Modified: 10 Nov 2023 09:02
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29959

Actions (login required)

View Item View Item