Hutomo, Prioyulianto and Yaam, Paul and Subardi, Subardi and Rumbiak, Yokomina and Hembring, Markus and Elopore, Yahya and Nabrijanto, Dihin (1992) Mengenal benda-benda koleksi museum negeri Propinsi Irian Jaya. Bagian Proyek Pembinaan Permuseuman Irian Jaya, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jayapura.

[img]
Preview
Text
MENGENALBENDA-BENDA KOLEKSI MUSEUM NEGERI PROP IRIAN JAYA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (11MB) | Preview

Abstract

Setiap museum negeri propinsi di seluruh tanah air mengumpulkan koleksinya yang beraneka ragam. Keanekaragaman itu mencerminkan kekayaan budaya dari daerah bersangkutan, khususnya, dan Indonesia pada umumnya. Oleh karena itu betapa pentingnya suatu penerbitan mengenai koleksi yang terhimpun, yang jumlahnya dari hari ke hari semakin bertambah.
Penerbitan kali ini, materinya tidaklah dibatasi pada salah satu topik tertentu; melainkan bersifat umum dengan deskripsi tiap-tiap koleksi dibuat seringkas mungkin. Hal ini dimaksudkan agar pembaca dapat memperoleh informasi awal yang bersifat umum mengenai keanekaragaman benda yang berasal dari Irian Jaya. Sekaligus agar buku ini dapat pula dibaca oleh masyarakat awam untuk lebih tertarik guna mengunjungi museum.
Diharapkan pada masa-masa mendatang, akan diterbitkan pula buku-buku mengenai koleksi Museum Negeri Propinsi Irian Jaya yang bersifat tematis dengan deskripsi yang lebih rinci dan menyeluruh. Sehingga terbitan-terbitan yang akan datang dapat lebih menonjolkan secara nyata fungsi museum, yaitu sebagai sarana pendidikan (termasuk di dalamnya adalah sebagai sarana penelitian), sarana pemeliharaan benda (konservasi dan preservasi), serta sebagai sarana rekreasi.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Museum
Pendidikan > Kebudayaan > Cagar Budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 27 Dec 2023 07:22
Last Modified: 27 Dec 2023 07:22
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29954

Actions (login required)

View Item View Item