Moelyono, Moelyono and Murniatmo, Gatut and Wibowo, Herman Josep and D., Salamun (1984) Mengenal sekelumit kebudayaan orang Madura di Sumenep. Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional Yogyakarta, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini berisi penjelasan tentang sekelumit kebudayaan orang Madura di Sumenep)
MENGENAL SEKELUMIT KEBUDAYAAN ORANG MADURA DI SUMENEP.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (53MB) | Preview

Abstract

Sumenep - Madura yang telah dikemukakan pada bab-bab terdahulu ternyata masih dapat dilihat adanya unsur-unsur budaya orang Madura di Sumenep, Didukung oleh keadaan atau lingkungannya, unsur-unsur budaya yang tertinggal itu merupakan potensi untuk menjadikan dan mengembangkan Sumenep dan daerah sekelilingnya sebagai daerah Wisata di Indonesia. Alamnya yang menarik, yaitu terutama di pulau-pulau Kangean, Sepudi dan lain sebagainya yang diisi oleh budaya seni dan kehidupan penduduknya merupakan daya tarik dari para wisatawan. Juga daerah Kalianget, khususnya dengan Pinggir papas yang terkenal sebagai daerah gusur di Madura bila dikelola bisa dijadikan sebagai obyek Wisata. Di desa ini pula kita bisa menyaksikan upacara nadar yang dilakukan oleh para petani garam.
Di daerah Sumenep sendiri, yaitu daerah perkotaannya banyak kita jumpai bangunan-bangunan kuno, yang konon kabarnya telah ada pada jaman pemerintahan raja-raja Sumenep. Bangunan yang merupakan kebanggaan orang Sumenep adalah bangunan Kraton Sumenep, Mesjid Jamik dan makam raja-raja Sumenep dan keluarganya yaitu "Hasta Tinggi". Dalam Sejarah orang Sumenep disebutkan bahwa Kraton Sumenep itu dibangun pada jaman pemerintahan Panembahan Sumolo. Sedang pelaksanaannya oleh Panembahan Sumolo ditunjuk seorang arsitek Cina yang bernama Lauw Pia Ngo (1764). Juga mesjid agung "jamik" Pembuatannya pada jaman Panembahan Sumolo dengan arsitek yang sama (1781).

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Cagar Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB D.I.Yogyakarta
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 22 Feb 2024 02:15
Last Modified: 22 Feb 2024 02:15
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29953

Actions (login required)

View Item View Item