Faridan, Abdullah and Ajies, A. Murad Em and Sulaiman, Budiman and Marlian, Syamsuar and Majid, Sulaiman (1986) Ungkapan tradisional yang ada kaitannya dengan sila-sila dalam pancasila propinsi Daerah Istimewa Aceh. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Buku ini berisi penjelasan tentang ungkapan tradisional yang ada kaitannya dengan sila-sila dalam pancasila Propinsi Daerah Istimewa Aceh)
LINGKARAN TRADISIONAL YANG ADA KAITANNYA DENGAN SILA PANCASILA PROP D.I ACEH.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (51MB) | Preview

Abstract

Setiap masyarakat memiliki caranya sendiri-sendiri dalam menyatakan kaidah-kaidah dan nilai-nilai yang dianut kepada anggota-anggota ataupun kepada generasi yang lebih mudah. Salah satu dari cara itu ialah dengan jalan membekukan nilai-nilai yang dipandang luhur itu ke dalam bentuk kalimat-kalimat singkat yang berisi lambang atau kata yang mengandung makna konotatif. Kalimat singkat yang mempunyai makna yang luwrs itu sekarang disebut ungkapan tradisional. Di dalam ungkapan-ungkapan itu terkandung sejumlah kaidah yang dapat memberikan gambaran kepada kita tentang bagaimana masyarakat tradisional memandang dan menangani masalah-masalah yang dihadapinya pada masa lalu. Ungkapan tradisional, dengan demikian memberikan gambaran tentang kepribadian serta cara berpikir masyarakat dalam kalimat, menanggapi serta memecahkan masalah kehidupan yang pernah timbul atau diduga akan timbul pada pada masa itu. Di dalamnya dapat pula ditemukan bagaimana masyarakat menanggapi kehidupan dan gejala-gejala yang berkembang di dalam masyarakat, baik yang datang dari luar maupun yang timbul di dalam masyarakat itu sendiri, baik yang bersifat sosial maupun yang bersifat individual.
Buku ini memuat berbagai jenis ungkapan Tradisional yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat tempo dulu, yang telah berhasil diteliti oleh Tim yang dipercayakan untuk itu.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 21 Feb 2024 03:00
Last Modified: 21 Feb 2024 03:00
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29923

Actions (login required)

View Item View Item