Muchtar, Muchtar and Widjajakusumah, Husein and Abdurrachman, Abdurrachman (1983) Ungkapan tradisional daerah Jawa Barat. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, Bandung.

[img]
Preview
Text
LINGKAPAN TRADISIONAL DAERAH JAWA BARAT.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (62MB) | Preview

Abstract

Buku ini mengemukakan beberapa hal yang dianggap penting sehubungan dengan pengumpulan ungkapan tradisional di lapangan.
a. Ungkapan tradisional Sunda umumnya sangat estetis, mengandung unsur puitis dan kekuatan bunyi kata. Hal inilah salah satu sebab mengapa ungkapan tradisional itu mudah diingat dan tidak mudah berubah, baik struktumya maupun bunyinya, dari generasi ke generasi berikutnya.
b. Pada generasi yang diwarisinya timbul rasa kagum terhadap kearifan penciptanya, terhadap nenek moyang sebagai pewaris ungkapan itu sebab di samping estetis juga mengandung pesan atau nasihat, terselubung makna yang tinggi, nilai budaya, pandangan hidup, nilai etik, dan moral.
c. Ungkapan tradisional disampaikan oleh penuturnya agar pendengarnya (generasi berikutnya) mengetahui mana nilai-nilai yang baik yang harus dijadikan pegangan dan mana nilai yang buruk yang harus dihindari.
d. Tempat tumbuh dan dipakainya ungkapan tradisional Sunda ialah dalam masyarakat rural-agraris-tradisional, yang juga sudah berubah ke masyarakat urban-industrial-modern , yang segalanya memerlukan serba cepat dan serba berdaya guna sehingga pemakaian ungkapan tradisional Sunda mengalami kemunduran.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Daerah
Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 20 Feb 2024 08:43
Last Modified: 20 Feb 2024 08:43
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29921

Actions (login required)

View Item View Item