Febriani, Erna and Budhiyono, Budhiyono and Sinuraya, Esther Helena (1994) Koleksi anyaman Museum Negeri Propinsi Lampung "ruwa jurai": tinjauan tentang teknik pembuatan, bentuk, ragam hias dan simbolisnya. Bagian Proyek Pembinaan Permuseuman Lampung, Bandar Lampung.

[img]
Preview
Text (Buku ini berisi koleksi anyaman Museum Negeri Propinsi Lampung "Ruwa Jurai")
KOLEKSI ANYAMAN MUSEUM NEGERI PROPINSI LAMPUNG RUWA JURAI.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (23MB) | Preview

Abstract

Dari berbagai jenis hasil kerajinan anyaman tradisional Lampung koleksi Museum Negeri Propinsi Lampung "Ruwa Jurai" yang diuraikan di muka, membuktikan bahwa masyarakat Lampung telah memiliki pengetahuan tentang teknik penganyaman maupun membuat variasi-variasi ragam hias atau motif anyaman yang keseluruhannya diperoleh melalui pengalaman, dikembangkan dan diwariskan kepada generasi berikutnya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
Benda hasil kerajinan anyaman bagi masyarakat Lampung selain digunakan untuk keperluan hidup sehari-hari, juga diperlukan sebagai alat perlengkapan upacara-upacara tradisional seperti pada upacara perkawinan, pengambilan gelar (cakak pepadun), khitanan dan sebagainya. Benda yang digunakan sebagai alat perlengkapan upacara tradisional memiliki corak, bentuk, warna dan motif hias yang menarik yang keseluruhannya dipandang memiliki makna dan arti simbolis sesuai dengan filosofis kehidupan masyarakat pendukungnya di masa lampau. Motif hias-motif hias yang menghiasi setiap benda hasil kerajinan anyaman tradisional Lampung pada dasarnya menggambarkan konsepsi-konsepsi kehidupan masa lalu, seperti yang terdapat pada motif geometris, flora, fauna, manusia dan sebagainya. Ide-ide seperti ini jelas memberikan pandangan adanya dorongan rohani dan jasmani
masyarakat untuk menyatu, mencari keseimbangan dan keselarasan dengan alam semesta.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Seni rupa
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 19 Feb 2024 02:18
Last Modified: 19 Feb 2024 02:18
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29882

Actions (login required)

View Item View Item