Sunarti, Sunarti and Putri, Gusti Ayu and Letariyati, Sri (1996) Kesetiakawanan sosial nasional masyarakat perkotaan (study kasus di lingkungan pemukiman komplek perumahan di Kecamatan Cempaka Putih DKI Jakarta). Bagian Proyek Pengkajian dan Pembinaan Nilai-niai Budaya DKI Jakarta, Jakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini berisi penjelasan tentang kesetiakawanan sosial nasional masyarakat perkotaan di Kec. Cempaka Putih DKI Jakarta)
KESETIAKAWANAN SOSIAL NASIONAL MASYARAKAT PERKOTAAN.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (25MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan keterangan yang ditulis pada buku ini dapat disimpulkan bahwa warga di wilayah pemukiman RW 02 cukup memiliki kesadaran dan disiplin dalam mengembangkan hubungan sosial dengan tetangga. Mereka memahami pentingnya hidup bertetangga bahkan diantara mereka menunjukkan bubungan ketergantungan. Pola hubungan semacam itu terwujud karena mereka saling membutuhkan dalam suka maupun duka. Dalam penyelenggaraan pesta-pesta, seperti perkawinan, khitanan dan lain-lain, keluarga yang mengadakan pesta sangat membutuhkan bantuan tetangganya. Para tetanggapun dengan spontan mengulurkan tangan dalam berbagai bentuk sebatas kemampuan yang dimilikinya dengan tanpa pamrih imbalan. Namun dengan suatu pengharapan akan mendapatkan bantuan pula disaat memerlukannya.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 19 Feb 2024 00:59
Last Modified: 19 Feb 2024 00:59
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29875

Actions (login required)

View Item View Item