Rohanah, Siti and Suarman, Suarman (2006) Kepulauan Riau: metropolitan baru di perbatasan. Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional Tanjungpinang, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Tanju. ISBN 9789791281096

[img]
Preview
Text
KEPULAUAN RIAU METROPOLITAN BARU DI PERBATASAN.PDF - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (23MB) | Preview

Abstract

Sebagai kota-kota yang ada di perbatasan, baik Batam dan Tanjungpinang, menjadi tempat yang merangkup pertemuan antara unsur-unsur lokal setempat maupun unsur-unsur lokal dari daerah lain yang dibawa oleh para pendatang dengan unsur-unsur dari luar, baik dalam ekonomi maupun budaya. Dalam hal ini pengaruh ekonomi global yang masuk melalui kedekatan geografis dengan Singapura merupakan titik awal persentuhannya dengan dunia pasar global. Persentuhan ini menemukan bentuknya dengan direalisasikannya sebuah kerjasama yang melibatkan tiga negara bertetangga, yaitu Indonesia, Singapura, dan Malaysia.
Kerjasama tiga negara berjuluk Sijori ini telah membawa perubahan besar di kawasan perbatasan, Kepulauan Riau, terutama kota-kota utamanya seperti Batam dan Tanjungpinang. Kedua kota ini tidak saja memperlihatkan perkembangan fisik yang cukup pesat tetapi juga perkembangan gaya hidup. Ekonomi global yang menjadi motor perkembangan ekonomi kawasan ini, yang ditandai dengan masuknya perusahaan-perusahaan multinasional berskala besar, membawa perubahan dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya. ekonomi subsisten yang dulu menjadi pusat kehidupan sekarang beralih menuju ekonomi pasar yang digerakkan oleh permintaan dan penawaran.
Kerjasama Sijori telah menciptakan lapangan kerja yang luas dengan berdirinya industri-industri multinasional. Namun, dampak dari pengaruh ekonomi global ini juga sangat terasakan. Semakin banyaknya para pendatang dari luar daerah telah menciptakan kondisi kota yang tidak hanya plural tetapi juga rawan konflik. Persaingan memperebutkan peluang kerja yang semakin sempit juga membuat iklim yang subur bagi meningkatnya kriminalitas.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Kepulauan Riau
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:14
Last Modified: 09 Jan 2024 02:14
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29851

Actions (login required)

View Item View Item