Abdullah, Adnan and Juned, Mafiati and Wahab, Marliah and AW, Ibrahim and Yacob, Yuliati (1986) Kedudukan dan peranan wanita pedesaan Daerah Istimewa Aceh. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, Direktorat Jenderal kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

[img]
Preview
Text
KEDUDUKAN DAN PERANAN WANITA PEDESAAN DAERAH ISTIMEWA ACEH.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (43MB) | Preview

Abstract

Permasalahan kedudukan dan peranan wanita dalam kebudayaan suku bangsa Aceh dapat dikaji dengan cara memahami latar belakang pengetahuan para anggota masyarakat tentang asal usul manusia serta penciptaannya dalam wujud laki-laki dan wanita. Cara demikian kiranya sejalan dengan pendapat seorang ahli Antropologi (Schlegel, 1977 : halaman 3) yang mengatakan bahwa makna(pengertian) merupakan unsur yang pokok sekali di dalam semua tingkah laku manusia.
Jika makna sesuatu keadaan yang timbul bagi seseorang pelaku tidak dipertimbangkan, maka kita tidak mungkin mengerti tingkah laku pelaku tersebut. Sebaliknya, dengan memahami latar belakang pengetahuan mereka kita akan dapat memahami pula perilaku mereka yang berwujud dalam bentuk kegiatan: kekeluargaan, sosial, ekonomi, seni budaya,, kehidupan beragama, politik, hukum, pertahanan keamanan, serta ilmu dan teknologi. Selanjutnya, tingkat keterlibatan mereka di dalam masing-masing jenis kegiatan itu akan mencerminkan kualitas kedudukan dan peranannya dalam kebudayaan suku bangsa.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:39
Last Modified: 05 Jan 2024 02:39
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29833

Actions (login required)

View Item View Item