Masduki, Aam and Sucipto, Toto (2006) Kebudayaan tradisional di Tasikmalaya. Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional Bandung, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Bandung. ISBN 979114205X

[img]
Preview
Text
KEBUDAYAAN TRADISIONAL DI TASIKMALAYA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (49MB) | Preview

Abstract

Kesenian Beluk merupakan kesenian tradisional yang tumbuh dan berkembang secara turun-temurun dalam satu lingkungan masyarakat di Kampung Balananjeur. Kesenian Beluk pada mulanya bukan merupakan seni pertunjukan seiring dengan kemajuan pola masyarakat, maka kesenian Beluk pun mengalami perkembangan. Perkembangan tersebut antara lain kesenian Beluk dijadikan sarana hiburan dalam acara-acara syukuran seperti syukuran bayi yang berusia 7 hari, syukuran bayi yang berusia 40 hari, sunatan, pernikahan, dan saat ini kesenian Beluk sering dipentaskan pada acara isra mi'raj serta maulid Nabi Muhammad SAW.
Aturan penyajian kesenian Beluk dari dahulu sampai saat ini masih dilaksanakan, misalnya dengan diawali pembukaan yang dilakukan oleh orang yang punya hajat lalu dilanjutkan oleh tokoh masyarakat setempat, selanjutnya acara doa-doa disertai pembakaran kemenyan dan dilengkapi dengan sesajen yang bertujuan untuk memohon berkah dan keselamatan dunia akhirat kepada Tuhan YME serta meminta izin kepada leluhurnya untuk mementaskan kesenian Beluk, selain itu mengundang mereka untuk hadir dalam penyajian kesenian Beluk tersebut Setelah itu barulah penyajian kesenian Beluk dimulai dengan dipimpin oleh dalang atau tukang ilo yang bertugas untuk membacakan wawacan yang akan ditembangkan oleh penembang yang lain silih berganti sampai pertunjukan selesai. Acara penutupan dalam penyajian kesenian Beluk diakhiri dengan doa dan ucapan maaf serta ucapan terima kasih kepada penonton yang telah mengikuti jalannya acara tersebut dengan tertib.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Seni dan Kesenian
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Jawa Barat
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:01
Last Modified: 05 Jan 2024 02:01
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29831

Actions (login required)

View Item View Item