Ginting, Samaria and Hasanuddin, Hasanuddin and Angin, Sekuja Perangin and Budisetiati, Lisna (1996) Katalog alat berburu dan menangkap ikan koleksi Museum Negeri Prop. Sumut. Bagian Proyek Pembinaan Permuseuman Sumatera Utara, Medan.

[img]
Preview
Text (Buku ini berisi katalog alat berburu dan menangkap ikan koleksi museum negeri prop. Sumut)
KATALOG ALAT BERBURU DAN MENANGKAP IKAN PROPINSI SUMUT.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (14MB) | Preview

Abstract

Berburu dan menangkap ikan secara tradisional sampai saat ini di daerah Sumatera Utara masih terus berlangsung, khususnya berburu pada umumnya dilakukan oleh kaum laki-laki sedangkan menangkap ikan dapat juga dilakukan oleh kaum wanita. Berburu pada awalnya dilakukan untuk menambah kebutuhan sehari-hari seperti makanan dan menjaga tanam-tanaman dari gangguan binatang. Akan tetapi lama-kelamaan berburu dilakukan hanya sebagai hobby khususnya bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan begitu juga dengan alat yang digunakan yaitu masih bersifat tradisional, kemudian berkembang dengan peralatan yang sudah maju seperti senapang, dan lain-lain.
Alat-alat berburu tradisional di Sumatera Utara dibuat dari berbagai jenis bahan seperti kayu, ruyung, bambu, besi, tali dan lain-lain. Hasil buruan selain untuk dikonsumsi sendiri juga dapat di jual. Hal ini dapat kita lihat di daerah Tapanuli Selatan walaupun mereka beragam Islam dan tidak memakan daging babi, tapi mereka berburu babi dan hasilnya dijual kepada orang lain diluar daerahnya atau kadangkala pembelinya yang datang ke daerah Tapanuli Selatan.
Beberapa peralatan tradisional yang digunakan antara lain Tombak, Jaring, Jerat, Ranjang Pangaci, Sumpitan, Sior, Pulut, Gasip, Perangkap, Bedil dan lain-lain. Menangkap ikan juga merupakan kegiatan sebagian masyarakat yang tinggal di pesisir, baik sebagai pekerjaan utama maupun sebagai sampingan, sedangkan sebagai hobby banyak dilakukan masyarakat yang tinggal di perkotaan. Kegiatan ini dilakukan diberbagai tempat seperti Danau, Sungai, Rawa-rawa dan Laut dengan peralatan yang beraneka ragam seperti bubu, serkap, jala, tangguk (durung), sulangat, dotan (jaring), tuar, belat, pancing dan lain-lain.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Cagar Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 15 Feb 2024 02:38
Last Modified: 15 Feb 2024 02:38
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29801

Actions (login required)

View Item View Item