Purna, I Made and Sanjaya, I Putu Kamasan and Prawitasari, Raj Riana Dyah (2014) Kajian bentuk ritual dan kepercayaan masyarakat di desa Sidetapa. Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Yogyakarta. ISBN 9786022582403

[img]
Preview
Text
KAJIAN BETUK RITUAL DAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT DI DESA SIDETAPA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (18MB) | Preview

Abstract

Tentang budaya, Koentjaraningrat membaginya menjadi tiga bentuk, yaitu budaya ide, budaya perilaku, dan budaya bendawi. Dalam setiap aktivitas yang dijalani manusia, ketiga bentu kebudayaan tersebut selalu terlibat dan bersinergi, salah satunya dalam kegiatan ritual. Ritual briyang agung yang dilaksanakan setiap tiga tahun sekali di Desa Sidetapa merupakan contoh kasus yang representatif tentang pelibatan ketiga bentuk budaya dalam kehidupan manusia, sekaligus juga kekayaan budaya Indonesia.
Mengingat ritual adalah salah satu poros penting dalam usaha penyatuan sisi spiritual manusia dengan Tuhan YME, dan juga dapat menjadi suatu ciri khas sebuah masyarakat, maka diperlukan sebuah penjelasan yang lengkap. Dalam buku ini akan dijelaskan berbagai detail tentang makna dan fungsi ritual briyang agung bagi masyarakat setempat dan agama mereka. Selain itu juga akan dibahas makna dan fungsi perlengkapan yang digunakan dalam ritual tersebut.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kepercayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Bali
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:29
Last Modified: 04 Jan 2024 02:29
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29788

Actions (login required)

View Item View Item