Sritimuryati, Sritimuryati (2016) Islamisasi di Sinjai. Balai Pelestarian Nilai Budaya Makassar, Makassar. ISBN 9786029248371

[img]
Preview
Text
ISLAMISASI DI SINJAI SRITIMURYANI.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (41MB) | Preview

Abstract

MASUKNYA agama Islam di Kabupaten Sinjai tidak terlepas dari peran seorang tokoh penyebar Islam, Abdul Jawad Khatib Bungsu atau yang lebih dikenal dengan nama Datuk ri Tiro. Beliau mulai menyebarkan agama Islam di Bonto Tiro yang merupakan wilayah Kabupaten Bulukumba (Sulawesi Selatan) sekarang.
Penyebaran agama Islam oleh Datuk ri Tiro kemudian dilakukan di beberapa wilayah yang berada di sekitar Tiro. Salah satu daerah tersebut adalah Sinjai. Daerah ini dulunya terdiri dari beberapa kerajaan, salah satunya yang tergabung dalam persekutuan Tellu Limpoe (Kerajaan Tondong, Kerajaan Bulo-bulo dan Kerajaan Lamatti).
Dalam proses menyiarkan agama Islam, Datu ri Tiro mula-mula berhasil mengajak Raja Tiro, La Unru Daeng Baso memeluk agama tersebut pada 1604 M, dan selanjutnya, menjadikan Tiro sebagai pusat pengembangan Islam untuk negeri-negeri sekitarnya, seperti Tellu Limpoe (Sinjai), Bantaeng, dan wilayah lain di sekitarnya.
Beberapa nama lainnya yang berperan penting dalam pengembangan Islam di negeri Tellu Limpoe, Galoggo atau yang lebih dikenal dengan nama Puang Belle, To Palekke (Makkadede), Tuang Sengngo (Syekh Ibrahim Rahmat), Puang Jawa, Puang Salama, Said Abubakar, Puang Janggo, Puang Topekkong, dan Said Husain. Nama-nama tersebut beberapa di antaranya merupakan murid langsung dari Datuk ri Tiro, salah satunya ada Puang Belle yang menyebarkan agama Islam di Kerajaan Tondong.
Buku ini mengurai dengan baik islamisasi yang dilakukan di wilayah Sinjai. Pembahasan dalam buku ini juga mengurai sejarah pembentukan kerajaan-kerajaan yang kemudian tergabung dalam persekutuan Tellu Limpoe.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kepercayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Senjata Tradisional
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Sulawesi Selatan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:31
Last Modified: 15 Jan 2024 06:31
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29777

Actions (login required)

View Item View Item