Sudarma, I Wayan and Sumarja, I Made and Sumarheni, I Gusti Ayu Agung and Dwikayana, Kadek (2015) Inventarisasi perlindungan karya budaya: tradisi ngrebeg (makotek) di Desa Munggu Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung. Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali, Yogyakarta. ISBN 978-602-356-035-6

[img]
Preview
Text (Buku ini berisi deskripsi tentang tradisi ngrebeg (makotek) di desa Munggu)
INVENTARISASI PERLINDUNGAN KARYA BUDAYA TRADISI NGREBEG MAKOTEK.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (23MB) | Preview

Abstract

Tradisi Ngrebeg (makotek) di Desa Adat Munggu merupakan suatu tradisi yang memberikan identitas terhadap masyarakat Desa Adat Munggu, sehingga tradisi ini harus terus dilestarikan sesuai dengan perkembangan zaman dan sekaligus tetap diwariskan kepada generasi-generasi penerus Desa Adat Munggu.
Dibutuhkan sosialisasi oleh pemuka-pemuka desa Adat Munggu tentang sejarah dan nilai-nilai yang terkandung di dalam tradisi ini, sehingga setiap lapisan masyarakat dan generasi muda mampu berbicara dan memberikan informasi yang benar kepada setiap pengunjung yang datang menyaksikan tradisi Ngrebeg (makotek) ini.
Prosesi Tradisi Ngrebeg (Makotek) merupakan tradisi warisan nenek moyang yang telah dilaksanakan secara turun temurun di desa Adat Munggu, memiliki fungsi -fungsi dan nilai-nilai kehidupan yang positif dan adiluhung yang menjadi pedoman yang baik dalam bertingkah laku dalam bermasyarakat sehingga para generasi muda di Desa Adat Munggu hendaknya selalu menjadikan tradisi ini teladan dan mengambil nilai-nilai positif dari tradisi Ngrebeg (makotek) ini.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kampung Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Bali
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 13 Feb 2024 01:56
Last Modified: 13 Feb 2024 01:56
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29773

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot