Mekuo, A. Djohan and Mangkeso, La and Djuharta, Djuharta (1998) Interaksi sosial antara masyarakat pendatang dengan masyarakat Tolaki di daerah Sulawesi Tenggara. Bagian Proyek Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya Sulawesi Tenggara, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kendari.

[img]
Preview
Text
INTERAKSI SOSIAL ANTARA MASYARAKAT PENDATANG DENGAN MASYARAKAT TOLAKI DI DAERAH SULTRA.PDF - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (26MB) | Preview

Abstract

Masalah interaksi adalah merupakan suatu proses sosial yang sangat mendasar bagi terbentuknya suatu komunitas /kelompok masyarakat baik dalam bentuk keluarga, etnis, maupun dalam berbagai bentuk kelompok sosial lainnya. Kota sebagai suatu wilayah atau pusat pemerintahan merupakan ajang pertemuan individu maupun kelompok dengan aneka ragam kepentingannya. Kota Kendari yang sejak dahulu telah menjadi ibukota pemerintahan onder afdelling, ibukota kabupaten, dan ibukota propinsi Sulawesi Tenggara, telah didapati kelompok-kelompok etnis pendatang dan menetap secara turun temurun hingga sekarang ini. Mereka ini kemudian disebut masyarakat Kendari yang membaur dengan orang-orang Tolaki sebagai kelompok masyarakat penduduk asli di daerah ini.
Pertemuan budaya antara kebudayaan orang Tolaki sebagai akar budaya daerah Kendari dengan nilai-nilai budaya luar dari masing-masing kelompok etnis pendatang tidak menimbulkan konflik/benturan yang berarti dan menyebabkan perpecahan antara,kelompok-kelompok yang berinteraksi. Kondisi Ideal ini terjadi karena proses interaksi antara individu maupun kelompok-kelompok masyarakat di daerah ini dilandasi oleh rasa integritas yang tinggi, saling memberi dan menerima serta menyadari kelebihan orang lain diatas kelemahan diri sendiri.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:58
Last Modified: 25 Jan 2024 02:58
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29766

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot