Arios, Rois Leonard and Yondri, Yondri (2009) Interaksi masyarakat perbatasan Provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu. BPSNT Padang, Padang. ISBN 978-602-8742-00-9

[img]
Preview
Text (Buku ini berisi penjelasan tentang interaksi masyarakat perbatasan provinsi SumSel dan Bengkulu)
INTERAKSI MASYARAKAT PERBATASAN PROVINSI SUMATERA SELATAN DAN BENGKULU.PDF - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (18MB) | Preview

Abstract

Daerah perbatasan merupakan daerah yang memiliki potensi positif dan negatif. Tidak sedikit daerah perbatasan yang tertinggal dari aspek pembangunan fisik, jauh dari berbagai fasilitas, dan tidak jarang menjadi sumber konflik antar masyarakat di kedua perbatasan tersebut.
Kota Lubuklinggau sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Bengkulu merupakan salah satu daerah administratif yang bam berdiri namun memiliki potensi yang cukup besar untuk pengembangan daerahnya. Berbagai fasilitas sudah terdapat di daerah perbatasan ini seperti perdagangan, kesehatan, pendidikan, dan pemerintahan. Kondisi ini berbanding terbalik dengan keadaan di perbatasan wilayah Kecamatan Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Memasuki wilayah Bengkulu seakan memasuki wilayah pedalaman karena di perbatasan tidak terdapat rumah penduduk dan fasilitas penerangan sehingga menimbulkan kesan daerah tertinggal. Kondisi fisik daerah ini secara sosial budaya ternyata tidak terdapat perbedaan karena antara penduduk di kedua daerah perbatasan ini berasal dari suku bangsa yang sama yaitu suku bangsa Lembak atau yang oleh penduduk setempat disebut Orang Dusun. Dari kenyataan ini, masyarakat di perbatasan tidak pemah mengalami konflik sosial , budaya, maupun berbagai kasus lainnya. Faktor budaya menjadi alat pemersatu diantara mereka sehingga batas administratif tidak menjadi batasan bagi mereka untuk berinteraksi.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 13 Feb 2024 01:27
Last Modified: 13 Feb 2024 01:27
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29765

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot