Novendra, Novendra and Suarman, Suarman and Refisrul, Refisrul and Winoto, Gatot and Sobuwati, Dwi (1995) Integrasi nasional di daerah Riau: suatu pendekatan budaya. Balai Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya Riau, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Tanjung Pinang.

[img]
Preview
Text
INTEGRASI NASIONAL DI DAERAH RIAU SUATU PENDEKATAN BUDAYA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (29MB) | Preview

Abstract

Nilai-nilai budaya yang dapat dikembangkan menjadi kebudayaan nasional, biasanya digali dari kebudayaan daerah dan kebudayaan umum lokal. Dari kebudayaan umum lokal yang terdapat di kota Tembilahan, dapat diketahui bahwa di kota ini sudah terjadi akulturasi atau adaptasi budaya antar kelompok suku bangsa. Merupakan hal yang biasa apabila kelompok dari salah satu suku bangsa melakukan kebiasaan atau tradisi dari suku bangsa lainnya. Dengan demikian, nilai-nilai budaya suku bangsa telah membaur dan dianggap menjadi milik bersama. Nilai-nilai budaya tersebut seperti; taqwa, rukun, ramah-tamah, gotong-royong, dan setia kawan.
Nilai-nilai budaya seperti tersebut di atas, sekarang selalu dipegang teguh oleh anggota masyarakat Melayu, Banjar, dan Bugis. Hal ini mencerminkan bahwa nilai budaya yang mereka miliki dapat membentuk jati diri dan menunjang persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia. Di samping nilai-nilai budaya yang dimiliki di atas, hal utama lain yang dapat menunjang integrasi nasional dari kelompok suku bangsa Melayu, Banjar, dan Bugis di kota Tembilahan, adalah keyakinan mereka pada ajaran agama yang sama. yaitu Islam. Agama Islam yang mereka anut, dipercaya dapat mempererat hubungan di antara mereka. Sebagai sesama muslim, mereka merasa bersaudara. Apabila ada di antara mereka yang tertimpa musibah, maka warga suku bangsa lainnya ikut memberikan pertolongan, baik dalam bentuk tenaga maupun materi.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Kepulauan Riau
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:10
Last Modified: 16 Jan 2024 02:10
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29759

Actions (login required)

View Item View Item