Panggabean, H. and Perangin-angin, S. and Panggabean, Eli M. (1991) Perlengkapan meramu daerah Sumatera Utara. Seri Penerbitan II Museum Negeri Sumatera Utara . Museum Negeri Sumatera Utara, Medan.

[img]
Preview
Text (Buku ini berisi deskripsi perlengkapan meramu di daerah Sumatera Utara)
PERLENGKAPAN MERAMU DAERAH SUMATERA UTARA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (7MB) | Preview

Abstract

Meramu merupakan salah satu sistem mata pencaharian hidup manusia. Pengumpulan terhadap tumbuh-tumbuhan dan akar-akaran yang dapat dimakan atau yang dijadikan sebagai bahan-bahan perlengkapan alat-alat rumah tangga. Segala kegiatan yang mereka lakukan hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Begitu juga dengan adanya alat-alat yang masih begitu tradisional, ini disebabkan oleh teknologi pada saat itu masih sederhana.

Daerah Sumatera Utara yang terdiri dari 7 sub suku bangsa yaitu Melayu, Batak Toba, Batak Karo, Batak Simalungun, Batak Pakpak/Dairi, Batak Angkola/Mandailing serta Nias, masing-masing mengenal sistim mata pencaharian meramu. Namun, akibat pengaruh alat-alat modem sekarang ini lambat laun sistim mata penca�harian ini seolahlah terlupakan, terlebih-lebih masyarakat perkotaan. Walaupun demikian sistim ini masih dijumpai pada masyarakat pedesaan hanya saja tidak merupakan mata pencaharian pokok lagi, melainkan sebagai mata pencaharian tambahan saja.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Museum
Pendidikan > Kebudayaan > Arkeologi
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 06 Feb 2024 01:51
Last Modified: 06 Feb 2024 01:51
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29710

Actions (login required)

View Item View Item